Review Rumah Belajar VCT BATCH5


Bapak Ibu Yang Hebat.

Pada kesempatan ini saya akan mereview fitur-fitur yang ada pada Website Rumah Belajar yang diluncurkan oleh Kemendikbud.
Inti dari peluncuran laman Rumah Belajar ini untuk menyediakan konten-konten yang mendidik bagi siswa-siswi yang haus akan tayangan yang mendidik. Dari fitur-fitur yang ada ada pada Rumah Belajar ini pada kesempatan ini saya akan membahas Laboraturium Maya

1. Laboraturium Maya
Pada fitur laboraturium maya ada berbagai percobaan-percobaan yang dapat siswa lakukan. Percobaan-percobaan tersebut dapat dipilih oleh siswa mana dulu yang akan dilakukan ujicoba. Pada kelas maya ini saya tidak perlu mendaftarkan / login untuk melakukan percobaan. Kemungkinan karena peramban (browser) saya sudah tersinkronkan dengan akun email saya. Siswa dapat dengan mudah memahami suatu materi seperti IPA dan Matematika dengan melakukan percobaan di kelas maya ini.
Tetapi ada beberapa hal yang kurang dalam fitur ini. Untuk materi percobaan lebih banyak yang dilakukan untuk siswa SMA ataupun SMP. Sedangkan untuk siswa pada jenjang sekolah dasar belum terlalu banyak.
Perlu dikelompokkan menurut jenjang sekolah dan muatan materinya.

Bapak Ibu Yang Hebat.
Pada kesempatan ini saya akan mereview fitur-fitur yang ada pada Website Rumah Belajar yang diluncurkan oleh Kemendikbud.
Inti dari peluncuran laman Rumah Belajar ini untuk menyediakan konten-konten yang mendidik bagi siswa-siswi yang haus akan tayangan yang mendidik. Dari fitur-fitur yang ada ada pada Rumah Belajar ini pada kesempatan ini saya akan membahas Kelas Maya.

2. Kelas Maya
Pada fitur kelas maya ini kita dapat masuk dan memilih kelas mana yang akan kita ikuti.  Karena saya guru SD maka saya mengikuti kelas ciri khusus tumbuhan dan hewan untuk kelas 6. Untuk mengikuti kelas maya maka kita harus login terlebih dahulu. Kelas maya ini sebuah ruang yang digunakan untuk guru melaksanakan pembelajaran melalui online / jarak jauh.
Terlebih dahulu harus ada penyelenggara yang membuat kelas. Penyelenggara bisa sekolah ataupun guru.
Kelebihan: Saat seorang penyelenggara membuat kelas maka siswa tidak perlu bertatap muka langsung dengan guru tersebut. Semua kegiatan pembelajaran bisa dilaksanakan menggunakan fitur ini.


Kekurangan : proses pendaftaran sebagai siswa, guru ataupun penyelenggara sedikit terkesan ribet. Mungkin perlu diperjelas tata cara untuk mendaftar baik sebagai peserta, guru ataupun penyelenggara.

Link Video Penggunaan STT : https://www.youtube.com/watch?v=4fBwyZx-S9k

Comments